Just try to do the best

Cari Blog Ini

Kamis, 22 Desember 2011

Cara Ganti Logo OEM Pada Windows XP

Nah begini ceritanya, kebetulan dimalm ini ada seorang teman yang bertanya kepada saya. kenapa di Properties MyComputer selalu ada foto saya terpajang disitu...?!
dan ini juga merupakan cirikhas dari komputer instalan saya. jadi setiap koputer teman2 yang saya instal sendiri, selalu saya mencantumkan cirikhas saya tersebut. Jadi ntar temen-temen klo nyari saya gampang, tinggal lihat aja properties komputernya. sebenarnyasih cara ini sudah pernah saya tulis dalam buletin PCH. tapi karena ini belum ada saya posting gak apa deh saya tulis di postingan blog kali ini.

O.K. kita langsung ke TKP aja ya hehe... *kayak OVJ aj
jika anda klik kanan pada My Computer --> lalu pilih Properties maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini. dan gambar ini berlaku pada WindowsXP standart.

Gambar 1.1. Properties My Computer Belum di edit
Nah sekarang pada bagian Ruang Kosong Saya akan mengisikan sebuah foto, tentunya foto saya sendiri dong. klo mau foto agan ya buat d laptopnya sendirilah.. haha... :D

Nah langkah-langkahnya begini gan :
  1. Foto tersebut silahkan anda Crop fotonya pake Paint (yg lain juga boleh) hingga ukuranya menjadi 172 x 100 pixel. klo lebih-lebih dikit gak apa ko. kenapa harus 172 x 100, karena pada ruang kosong tersebut ukuranya cuma segitu yang tersedia. klo gak caya ukur aja pake rol. itupun klo agan kurang kerjaan :)
  2. Nah setelah selesai di crop simpan dengan nama oemlogo.bmp ingat ya buat dengan huruf kecil semua.
  3. Oh ya, ada satu hal lagi ni yang perlu di ingat. waktu menyimpan fotonya pastikan pada bagian save as type menggunakan format "24-bit Bitmap (*.bmp, *.dib)" 
  4. Nah selanjutnya gambar yang sudah jadi tadi tinggal di pindahkan ke direktori C:\WINDOWS\system32
itu tadi cara untuk mengisi logo OEM pada bagian yang kosong, sekarang kita akan mengedit Ruang Informasi dan menambahkan sebuah CommonButton. Pada bagian kali ini kita akan sedikit berhubungan dengan Coding. tapi tenang aja, kodingya ak susah-susah kok. sekali lihat agan pun paham untuk mengedit Codingya. *Pasti nama saya langsung agan ganti tu, sungguh terlalu.... :)
 sekarang tugas agan sekalian, coba bukan notepadnya dan Copy Program yang telah saya buat dibawah ini.
                                                [General]
                   Manufacturer = zulfahri.inc
                   Model = Intel
                   SupportURL = http://www.suhaimizulfahri.blogspot.com/
                   [ICW]
                   Product =
                   [OEMSpecific]
                   SubModel =
                   SerialNo =
                   OEM1 =
                   OEM2 = Lokasi pabrik: Indonesia
                   [Support Information]
                   Line1 = CYBER SPACE
                   Line2 =
                   Line3 = Fahri
                   Line4 = Jl. Utama Gg. Sulung No.23a
                   Line5 =PROGRAMING CLUB HARAPAN
                   Line6 =
                   Line7 = Facebook : http://www.facebook.com/suhaimi.zulfahri
                   Line8 = Blog : http://suhaimizulfahri.blogspot.com
                   Line9 = Email: zulfahris.89@gmail.com
                                              

Setelah Coding diatas di pastekan pada notepad, lalu simpan dengan nama "oeminfo.ini"
ingat ya huruf kecil semua.lalu file yang sudah kita buat barusan pindahkan juga ke direktori C:\WINDOWS\system32 

gampang banget kan, nah sekarang coba Klik kanan panan My Computer pilih Properties maka akan terlihat hasilnya seperti ini.
Gambar 1.2. Tampilan Properties yang sudah di edit
dan jika pada bagian CommonButton Support Information kita klik maka akan terlihat program oeminfo yang kita buat tadi seperti ini :

Gambar 1.3. Tampilan Support Imformation

nah sekarang selamat mencoba ya di laptopnya masing2...
pastinya uda kepikiran dong kira2 foto apa yang mau dipajang disitu. hehe.....
Share:

5 Komentar:

fizzicoholic mengatakan...

mister programer thankyou y atas info nya heeeee................heeeeeeeee

FAHRI mengatakan...

Reza --> hehe.... sama sama za. moga bermanfaat

Unknown mengatakan...

aq kog gk bs mas,,, hhhh
di dalam system32 kan ada bnyak folder di masukin yng mn???

Unknown mengatakan...

aq kog gk bs mas,,, hhhh
di dalam system32 kan ada bnyak folder di masukin yng mn???

FAHRI mengatakan...

Mas Fuad --> ini cma berjalan di windows Xp mas. setelh progrmya kita buat langsung aj copy paste kedalam folder system32. gak ad dalam folder lagi mas.

Translate This Website